Sabtu, 02 Mei 2009

TUTOR PHOTOSHOP " CARA MEMBUAT PLANET BUNGA"

“CARA MEMBUAT BACKGROUND PLANET BUNGA


Ada banyak cara menuju roma, begitulah prinsip yang saya pegang, berkali-kali saya membaca cara pembuatan gambar planet yang begitu sulit akhirnya saya dapat membuatnya dengan cara yang lebih mudah . Sebenarnya ada banyak cara yang dapat anda pilih dalam membuat planet, misalnya di http://gallery.artofgregmartin.com tapi yang saya buat adalah beda. Yuk kita coba langkah-langkahnya!


1.Pertama siapkan layar dengan ukuran 500 x 500 pxl. Dengan mode RGB dan content transparan .klik ok.(gbr1.). Buatlah sebuah lingkaran dengan menggunakan elliptical marqure tool, agar lingkaran ini bentuknya benar-benar bulat, ketika mendrag elliptical marqure tool, sambil menekan tombol shif. Lalu ubah warna lingkaran menjadi biru, caranya ubah warna foreground color menjadi biru, lalu dengan layer 1 masih aktif tekan Alt + Del, maka lingkaran akan menjadi berwarna biru, beri nama layar ini dengan nama biru (Gbr.1)



2.
Sekarang dengan buat layer baru dengan nama background, lalu tekan huruf D agar warna foreground menjadi hitam, isi layar background dengan warna hitam, caranya tekan Alt+Del. Sekarang warna layar background sudah hitam namun lingkaran biru tidak kelihatan, untuk memunculkannya, drag layar banckground agar posisinya berada di bawah layar biru. sehingga lingkaran biru akan muncul.(gbr.2)


3.Sekarang tekan tombol Atl arahkan kursor pada lingkaran biru pada layar dan klik. Maka lingkaran biru akan dikelilingi oleh garis

putus-putus yang menandakan layar biru dalam keadaan terseleksi. Lalu pilih layer-layer style-blending options – klick. setelah muncul layer style. Klik dan centang pada kotak inner glow dan beri nilai size 85 px. Klik ok.


4.Lalu centang lagi pada kotak outer glow dan beri nilai size 100 px. Kilk ok. Maka gambar yang muncul adalah. (gbr.3)




5.Sekarang bukalah sebuah foto baru misalnya saya mengambil foto bunga, lalu ambil foto bunga itu berbentuk lingkaran yang sama besarnya dengan lingkaran biru pada layar 1 tadi. Lalu copy. Dan buka layer baru dan paste.aktifkan layer kembang ini, lalu klik layer-la

yer style-blending options-klik. Setelah layer style muncul klik kotak inner shadow, lalu isikan : blend mode=darken, opacitas=85, angel = - 60, distance=60, choke=23, size=105, noise=0 dan klikok.


6.Selanjutnya tekan ctrl dan arahkan mouse pada layer bunga dan klik, sehingga lingkaran bunga menjadi terseleksi, kemudian tekan filter-distort-spherize. hingga gambarnya menjadi seperti ini (gbr.4)



7.Dan langkah terakhir adalah membuat tebaran bintang, langka-langkahnya adalah, aktifkan layar background, pilih filter-noise-add noise, lalu isikan, amount=15, centang kotak Gaussian dan monochromatic. Tekan ok.


8.Langkah terakhir pilih layer-platen image.


selamat mencoba.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

makasih atas komentarnya